Monday, June 22, 2009

MARI KITA NGE-TRACE!

selamat siang semua!

entah kenapa kalau saya post jurnal di dA kebanyakan adalah soal keluh-mengeluh. yaudalaya kalau kamu males baca jurnal saya juga gapapah.
tapi hari ini ngeselin bgt.

saya, 2 orang teman saya, dan 2 orang senior saya sedang mengerjakan suatu proyek. Proyeknya membuat video klip untuk sebuah band indie Bandung, BOTTLESMOKER. atau lebih sering sya singkat dengan sebutan BOKER. More info about the band -->
[link]

Awalnya kami sangat2 excited tentang bikin video ini.
Soalnya saya emnag udah doyan sama BOKER dari SMA. Udah dengerin lagu mereka dari album yg sebelumnya. PAs ditawarin bikin video buat single mereka yg terbaru, BEFORE THE CIRCUS OVER, otomatis saya kegirangan.

Proses pembuatan vidklip ini awalnya dimulai dengan mulus.
1. Brainstorming konsep dan pembuatan story board
meski mencoba membuat konsep dan storyboard yang oke, konsep
kami itu tetap ditolak oleh para senior. Dan mungkin merka gak
tahan akan otak kami para junior nya yang ber-ide mainstream,
mereka lah yang akhirnya membuat konsepnya. haha, maaf ya kak,
kami kurang kreatif.

2. Pencarian lokasi
kami mencari lokasi ke dago pakar, mencari tebing2 indah. Tapi
akhirnya kami menentukan lokasi di awi ligar star hill, di
taman ganesha, kolong jembatan pasopati, dan braga.

3. Pencarian talent
ujung2nya temen2 kita juga sih, disogok2 dikit. haha

4. Syuting
Syuting yang dilakukan di berbagai tempat dan banyak scene itu,
dilakukan dalam 3 kali syuting, dalam waktu 3 minggu. Lumayan
bikin capek, apalagi di hari terakhir. Kami syuting di bukit
bintang awi ligar. yang notabene BUKIT. Yah, bagi yang kenal
saya mungkin udah tau betapa rentanya mobil saya yang udah tua
itu. Ngebut sih jago, tapi kalo tanjakan suka riskan. Nah, kmrn
pas saya sial banget, mobil saya mati di sebuah tanjakan maut
di awi ligar. MATI EUY! Mogok. B**I. Setelah acaar mogok di
tanjakan maut nan asoy itu, mobil saya terus2an mogok di
perjalanaan saya dari awiligar menuju braga. Kalo mau rajin
diitungin, pasti ada tuh 10 kali lebih mobil saya mogok. haha..
intinya, saya mau ngasih tau disini bahwa perjuangan kami dalam
merampungkan proses syuting ini udah total dan gk main2. Dan
ketika proses syuting kelar, saya seneng bukan main.

Namun sodara sodari..
Sebulan setelah syuting kelar, senior saya minta kami ngumpul.
Saya kira vidklip nya udah kelar, ternyata..
Kami harus merombak format video itu lagi.
Beliau pengen video ini jadinya kayak animasi stop motion.
Jadi, video yang udah jadi mesti di break jadi 10 frame per second. Kemudian setiap frame di trace jadi kayak gambar tangan. Yang menakjubkan, jumlah frame yang mesti kami trace, total ada 1000 lebih frame yang harus kami kerjakan. Huhuhu..

Sebenernya saya udah minta tolong
:iconsoapsoup: dan :iconkhaleedbakaziy: buat ngebantuin kerjaan ini. cuma aja si :iconsoapsoup: belom sama sekali, dan pas saya sms si :iconkhaleedbakaziy:, malah nyasar ke ceweknya. Akhirnya :iconkhaleedbakaziy: dan ceweknya malah berantem. Maaf yaaa..

pagi ini senior sya sms, katanya mau ketemu lagi, tunjukin trace an yang udah jadi. selessai gk selesai.
mana masih dikit..
aduh saya gk enak ati banget sama senior saya.
huhu..
yodadeh saya mau nge trace lagi.
hari ini spesial gk kuliah buat nge trace.
jam 3 mesti dikumpul.
hahaa..
aduh bolos konstruk lagi.
bete anjing.
ahhh bodok ah..

the original journal on my deviantart-->http://calciumrocpro.deviantart.com/journal/23635871/
posted on Tue Mar 10, 2009, 10:46 PM

No comments:

Post a Comment